Pendekar Pagar Nusa Ziarah Ke Makam Gus Dur

Pendekar Pagar Nusa Ziarah Ke Makam Gus Dur
Jombang, TV9 Surabaya -
Jelang bulan puasa Ramadhan, pendekar Pagar Nusa NU di Jombang berziarah ke makam Gus Dur dan tokoh NU lainnya. Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mempersiapkan mental dan hati anggota Pagar Nusa, agar lebih khusyu’ dalam beribadah selama bulan suci Ramadhan.
Puluhan anggota perguruan Pagar Nusa kecamatan Gudo, Jombang ini datang ke makam Gus Dur dan para tokoh NU yang lain dengan berseragam lengkap khas Pagar Nusa.

Dipimpin oleh guru bela diri mereka, para pendekar Pagar Nusa ini memanjatkan do’a kepada Allah SWT dengan khusyu’ di depan makam Gus Dur, Tebuireng, Jombang.
Kegiatan ziarah ke makam para tokoh NU ini dilakukan oleh anggota Pagar Nusa Gudo, Jombang adalah upaya dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Menurut ketua Pagar Nusa kecamatan Gudo, Dimas Cokro Pamungkas, kegiatan ziarah ini adalah upaya menata hati para pendekar Pagar Nusa untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Sehingga anggota Pagar Nusa dapat menata hati mereka dan memberikan kekhusyu’an selama ibadah di bulan suci Ramadhan.

Jika sebelum Ramadhan para pendekar telah digembleng secara fisik selama tiga hari dalam seminggu, maka ziarah ini merupakan salah satu upaya pemupukan mental dan pelajaran terhadap pemahaman Islam Ahlussunnah wal Jama’ah ala Nahdlatul Ulama.

Muhammad Mufid

(Sumber: Tv 9)